Kamis, 06 Oktober 2016

Kamus Kimia R

radiasi kosmik (cosmic radiation): radiasi mengion berenergi tinggi dari luar angkasa yangjauh.
radiasi larar belakang (background radiation): radiasi alamiah, yang disebabkan oleh peluruhan radioaktif dan radiasi kosmik, yang ada dalam lingkungan.
radiasi mengion (ionizing radiation): pancaran radioaktif dan radiasi berenergi tinggi lainnya yang mengionkan materi yang berada dalam jalan radiasi ini.
radiasi monokromatik (monochromatic radiation): radiasi dengan satu panjang gelombang tunggal.
radikal: suatu atom atau gugus atom yang mempunyai satu elektron tak berpasangan atau lebih.
Raoult, hukum (Raoult's law): tiap komponen (dari) suatu larutan melakukan tekanan uap yang sama dengan fraksi mol-nya dalam larutan itu kali tekanan uap sebagai zat murni

rapatan (density): massa per satuan volume suatu zat (g/cm 3 ).
rapatan elektron yang mungkin (probable elektron density): kebolehjadian menemukan sebuah elektron dalam suatu volume kecil tertentu dalam ruang dalam sebuah atom.
rapatan muatan (charge density): angkabanding muatan suatu ion terhadap volumenya.
reaksi adisi (addition reaction): suatu reaksi organik dalam mana atom-atom ditambahkan ke sepasang atom yang diikat oleh suatu ikatan ganda.
reaksi elementer (elementary reaction): suatu tahap individu dalam suatu mekanisme reaksi.
reaksi kombinasi langsung. (direct combination reaction): suatu reaksi antara dua unsur untuk menghasilkan sebuah senyawa
reaksi nuklir (nuclear reaction): suatu reaksi dalam mana komposisi inti atom berubah.
reaksi pemboman (bombardment reaction): suatu reaksi nuklir yang diimbas oleh pemboman suatu zat sasaran dengan partikel atom atau sub-atom.
reaksi pengendapan (precipitation reaction): suatu reaksi dalam larutan dalam mana terbentuk suatu zat yang tak larut.
reaksi penggantian tunggal (single displacement reaction): suatu reaksi antara suatu unsur dan suatu senyawal, yang menghasilkan unsur lain dan suatu senyawaan baru.
reaksi pengionan (ionization reaction): suatu reaksi yang menghasilkan ion.
reaksi rantai (chain reaction): dalam kinetika kimia, suatu reaksi yang berjalan terus menerus, karena sinambungnya terlahirnya uang spesi yang sangat reaktif; dalam kimia nuklir, reaksi inti yang terus-menerus karena dirambatkan oleh..neutron-neutron.
reaksi redoks (redox reaction): suatu reaksi dalam mana suatu perubahan keadaan oksidasi dan yang lain direduksi.
reaksi reversibel (reversible reaction): suatu reaksi -dalam mana produk-produk dapat bereaksi membentuk pereaksi-pereaksi semula.
reaksi sel (cell reaction): jumlah aljabar reaksi-separuh oksidasi dan reduksi pada elektrode-elektrode suatu sel elektrode-kimia.
eaksi substitusi (substitution reaction): suatu reaksi organik dalam mana satu atom atau gugus atom menggantikan atom atau gugus lain.
reaksi-paruh (half-reaction): baik separuh reaksi oksidasi ataupun reduksi, dari suatu reaksi redoks.
reaktor nuklir (nuclear reactor): suatu instalasi untuk melakukan reaksi-pembelahan inti yang terkendali, biasanya untuk pembangkitan tenaga; juga, suatu peranti reaksi paduan.
reduksi (reduction): suatu reaksi dalam mana keadaan oksidasi suatu zat dikuraugi.
reaksi order-pertama (first-order reaction): suatu reaksi untuk mana laju berbanding lurus dengan pangkat satu konsentrasi satu pereaksi saja.
rekristalisasi (recrystallization): proses dengan mana suatu zat-terlarut dimurnikan dengan pengkristalan berturut-turut dari alam suatu pelarut.
rendemen persentase (percentage yeld): persentase dari rendemen teoretis suatu hasil reaksi, yang benar-benar diperoleh.
rendemen teoretis (theoretical yield): banyaknya suatu produk yang dihitung untuk dapat diperoleh, jika suatu reaksi berlangsung sempurna.
residu (residue): bahan yang tertinggal bila komponen-komponen lain dari suatu campuran telah disingkirkan.
resonans magnet inti (NMR; nuclear magnetic resonance): antaraksi energi-rendah (dari) momen magnet dari inti-inti tertentu dengan medan magnet kuat dan suatu medan radio-frekuensi.
rumus (formula): pewakilan (refresentasi): lambang mengenai macam dan banyaknya atom yang bersenyawa dalam satu satuan suatu zat.
rumus empiris (empirical formula): suatu rumus yang menunjukkan angkabanding bilangan-bulat-sederhana (dari) atom-atom masing-masing macam dalam suatu senyawaan.

rumus molekul (molecular formula): rumus yang menunjukkan banyaknya atom yang sebenarnya, untuk tiap jenis dalam molekul itu. rumus titik-elektron: lihat rum us bangun Lewis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar