Kamis, 06 Oktober 2016

Kamus Kimia S

sakarida (saccharide): gula rumit ataupun sederhana apa saja.
sel bahan bakar. (fuel cell): suatu macam istimewa dari sel volta yang menggunakan per-sediaan yang sinambung pereaksi gas atau cair untuk reaksi redoks.
sel elektrolisis (electrolytic cell): suatu sel elektrokimia dalam mana suatu arus listrik dari sumber luar menjalankan suatu reaksi redoks.
sel satuan (unit cell): satuan pembentuk yang dibayangkan, yang paling kecil dalam suatu kisi kristal.
sel solar (solar cell): peranti fotolistrik untuk mengubah cahaya matahari langsung menjadi listrik.
sel-volts (voltaic cell): suatu sel elektrokimia dalam mana reaksi redoks sertaxnerta menghasilkan arus listrik yang mengalir lewat rangkaian luar.

semipermeabel, selaput (semipermeable membrane): suatu selaput yang memungkinkan lewatnya cahaya tipe-tipe tertentu, molekul atau ion.
senyawa (compound): suatu zat murni dengan komposisi tertentu (kecuali bertolida) yang dapat diuraikan menjadi senyawa lain.
senyawa antara (intermediate compound): suatu senyawa yang dibentuk dalam suatu reaksi, tetapi bereaksi lebih lanjut pada kondisi itu.
senyawa biner (binary compound): suatu senyawa.yang terdiri dari dua unsur.
senyawa ion (ionic compound): suatu senyawaa yang terdiri dari ion yang dikumpulkan oleh ikatan ion.
senyawa koordinasi (coordiation compound): suatu senyawa dalam mana satu ligan atau lebih terikat ke sebuah ion atau atom logam pusat oleh ikatan kovalen koordinat.
senyawa (inner eternary compound): suatu senyawa yang terdiri dan tiga unsur.
SI, satuan (SI units) : satuan pengukuran Sistem Internasional.
sifat ekstrinsik (extrinsic property): suatu sifat yang tak karakteristik dari zat itu sendiri, tetapi bergantung pada bentuk, kuantitas maupun kondisi.
sifat fisika (physical property): suatu sifat zat yang memperbedakannya dad zat-zat lain dan tidak menyebabkan perubahan kimia.
sifat kimia (chemical property): suatu sifat zat yang menyebabkannya mengalami per¬ubahan kimia.
sifat kologatif (colligative property): suatu sifat suatu larutan yang bergantung pada banyaknya partikel zat teralrut, namun tak bergantung pada macamnya.
sigma, ikatan (sigma bond): suatu ikatan yang dihasilkan dari elektron-elektron dalam suatu orbital molekul sigma; simetris mengitari sumbu antar-inti.
sikloalkana (cycloalkane): hidrokarbon siklik yang mengandung hanya ikatan-ikatan tunggal yang m erupakan isomer alkena.
silikona (silicone): gugus apa saja dari molekul mirip rantai, dari atom Si, 0, C, H.
sinar gamma (gamma ray): pancaran radioaktif yang berbentuk radiasi elektromagnetik berenergi-tinggi.
sinar katode (cathode ray): disc as listrik dari elektrode bermuatan negatif dalam tabung vakum.
sinar-X (X-ray): suatu bentuk radiasi elektromagnet yang berenergi-tinggi.
skala Celsius (C): suatu skala temperatur dengan 0°C sebagai titik beku normal air dan 100°C titik didih normal air; dulu disebut skala sentigrad.
solvasi (solvation): antaraksi molekul-molekul pelarut dengan partikel zat terlarut untuk membentuk agregat kecil.
spektrograf massa (mass spectrograph): suatu alat yang digunakan untuk mengukur
massa atom dan molekul.
spektroskop (spectroscope): suatu instrumen yang digunakan untuk membentuk suatu
spektrum optis (dari) suatu zat.
spektroskopi (spcctroscopy): studi spektra zat-zat.
spektrum: semula: pola warna yang dihasilkan bila cahaya ditebarkan oleh suatu prisma atau kisi; lebih umum: pola yang dihasilkan bila berkas energi atau partikel dipisahkan menjadi komponen-komponennya.
spektrum absorpsi (absorption spectrum): pola panjang gelombang yang dihasilkan oleh serapan radiasi oleh suatu zat. (Bandingkan spektrum emisi).
spektrum emisi (emission spectrum): pola panjang gelombang yang dihasilkan oleh pancaran radiasi oleh suatu zat (bandingkan spektrum absorpsi).
spesi amfiprotik (amphiprotic species): sebuah ion atau molekul yang dapat menyumbangkan maupun menerima proton.
spesi isoelektronik (isoelectronic species): spesi yang berlainan (atom, ion, atau molekul) yang mempunyai samabanyak elektron.
spiral alfa (alpha helix): bentuk spiral kebanyakan rantai protein. spiral rangkap (double helix) : struktur molekul DNA.
stereoisomer: isomer-isomer yang berbeda dalam penataan ruang (dari) atom-atom dalam molekul.
stoikiometri: hubungan kuantitatif antara pereaksi dan produk dalam suatu persamaan kimia yang berimbang.
struktur resonans (resonance structure): dua struktur Lewis hipotetis atau lebih, yang dapat ditulis untuk suatu molekul atau ion poliatom tertentu, yang saling berbeda hanya dalam penataan elektron.
subtingkatan energi (energy sublevel): salah satu keadaan energi diskrit dalam suatu tingkatan energi utama (tingkatan energi utama yang pertama hanya mempunyai satu subtingkatan).
susut massa (mass loss): selisih antara jumlah-terhitung (dari) massa nukleon dan elektron dalam suatu atom dan massa yang ditetapkan secara eksperimen (dari) atom itu (sma, satuan massa atom).

susut massa per nukleon (mass loss per nucleon): susut massa suatu atom yang dibagi dengan banyaknya nukleon (sma/nukleon).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar