Kamis, 06 Oktober 2016

Kamus Kimia P

panjang gelombang (a, wave-length): jarak antara titik identik pada daur-daur berdam¬pingan (dari) suatu gelombang (nm); h = c/v.
panjang ikatan (bond length): jarak antara inti-inti dua atom yang dihubungkan oleh suatu ikatan kimia (A).
paramagnetik resonansi suatu zat (paramagnetic resonance): suatu zat yang sedikit ditarik oleh suatu medan magnetik.
partikel alfa (alpha particle): suatu pancaran radioaktif, yang identik dengan inti helium.
pasangan asam-basa konjugat (conjugate acid-base pair): suatu asam dan bass konjugatnya; atau suatu basa dan konjugat asamnya.
pasangan menyendiri (lone pair): suatu pasangan elektron valensi yang tak ambil bagian dalam ikatan kimia (juga disebut pasangan tak-sekutu).
pasangan tak-sekutu (unshared pair): lihat pasangan menyendiri.

Pauli, asas pengucilan (Pauli exclusion principle): tak ada dua elektron dalam sebuah atom yang dapat mempunyai keempat bilangan kuantum sama.          -
pelarut (solvent): biasanya komponen utama suatu larutan, ke dalam mana zat terlatur itu melarut.
pelarutan selektif (selective dissolution): pemisahan dua zat yang larut, dengan mengendapkan yang satu, tetapi tidak mengendapkan yang lain.
peleburan (smelting): reduksi bijih secara kimia.
pelestarian energi, hukum (law of conservation of energy): energi tidak diciptakan maupun dimusnahkan dalam perubahan apapun dari materi (disebut juga hukum pertama termodinamika).
peluruhan radioaktif (radioactive decay): perubahan sertamerta (spontan) (dari) suatu nuklide ke nuklide lain, dengan pemancaran partikel subatom, atau sinar gamma, atau keduanya.
pemadaman (slaking): reaksi suatu oksida logam dengan air.
pembakaran (combustion): reaksi oksidasi yang terus-menerus dan berlangsung cepat, dengan membebaskan kalor dan cahaya.
pembelahan nuklir (nuclear fission): pembelahan inti berat dengan menghasilkan dua inti yang lebih rngan.
pemisahan tingkatan energi (splitting energy levels): dalam suatu kompleks logam transisi, pengubahan energi orbital-orbital atom yang sama energinya, menjadi berlainan energi oleh medan ligan.
pempercepat (accelerator): suatu mesin untuk menaikkan kecepatan partikel bermuatan.
pencernaan (digestion): pemanasan lembut selama waktu lama dari suatu larutan yang mengandung endapan, agar terjadi koagulasi ataupun pelarutan endapan itu.
penetralan, reaksi (nutralization reaction): suatu reaksi antara suatu asam dan basa yang banyaknya setara secara kimiawi.
pengendapan fraksional: lihat pengendapan selektif.
penggantian rangkap, reaksi (double displacement reaction): suatu reaksi antara dua senyawa untuk menghasilkan dua senyawa yang berbeda dengan mempertukarkan komponen.
pengikatan nitrogen (nitrogen fixation): proses apa saja dengan mana N2 bereaksi mem¬bentuk sebuah senyawa
pentosa: suatu monosakarida yang mengandung lima atom C.
pentosan: suatu polisakarida yang mengandung monomer-monomer pentosa.
penyabunan (saponification): suatu reaksi yang menghasilkan sabun dan gliserol, dengan menghidrolisis dengan basa, suatu lemak atau minyak.
penyulingan fraksional (fractional distillation): proses dengan mana suatu campuran cairan yang mudah menguap dipisahkan dengan penyulingan berturut-turut.
peptida, ikatan (peptide bond): ikatan yang menghubungkan sisa asam amino dalam suatu molekul protein.
pereaksi: suatu zat yang dihabiskan dalam suatu reaksi kimia.
pereaksi pembatas (limiting reactants): zat yang bereaksi sampai habis dalam suatu reaksi, dan dengan demikian pereaksi lain masih sisa karena berlebih.
pereduksi, zat (recuding agent): suatu zat yang menyebabkan tereduksinya suatu zat lain.
periode (period): salah satu pembagian horizontal dalam tabel berkala, masing-masing berakhir der.gan gas mulia.
persamaan ion (ionic equation): persamaan kimia yang menunjukkan ion-ion individu yang mengambil bagian dalam suatu reaksi.
persamaan ion netto (net ionic equation): suatu persamaan ion yang menunjukkan hanya spesi-spesi yang benar-benar terlibat dalam reaksi itu.
persamaan kimia (chemical equation): penyajian suatu reaksi kimia dalam mana rumus pereaksi, suatu anak panah, dan rumus hasil reaksi dipaparkan secara berurutan, banyaknya masing-masing atom di kiri sama dengan di kanan anak panah. persamaan laju (rate equation): persamaan yang menghubungkan laju suatu reaksi dengan konsentrasi (konsentrasi-konsentrasi) pereaksi.
persen mol (mole percent): fraksi mol kali 100.
pertukaran ion (ion exchange): suatu metode untuk menggantikan satu macam ion daam suatu larutan dengan macam yang lain. perubahan entalpi I (OH; enthalpy change): perubahan kalor untuk suatu proses yang dilakukan pada tekanan konstan (kJ/mol).
perubahan fisika (physical change): suatu proses dalam mana bentuk ataupun sifat-sifat tertentu suatu zat berubah, namun identitas kimianya tidak. perubahan kimia (chemical change): proses apa saja dalam mana zat-zat diubah menjadi zat lain.
perunut (tracer): isotop radioaktif yang digunakan untuk mengikuti jalannya reaksi ki¬mia ataupun proses fisika.
pH: logaritma negatif dari konsentrasi H+ dalam suatu larutan pH = -log[H+]7.
pi, ikatan (pi bond): suatu ikatan yang disebabkan oleh elektron dalam orbital molekul pi; ikatan ini tidak simetris mengitari sumbu antar-inti. plasma: suatu gas yang terionkan sebagian atau seluruhnya. pOH: logaritma negatif (dari) konsentrasi OH-dalam suatu larutan pOH = -log[OH].
polar, molekul (polar molecule): suatu molekul dalam mana satu bagian mempunyai muatan parsial positif dan lain bagian mempunyai satu muatan negatif parsial.
polimer (polymer): suatu molekul raksasa yang terdiri dari satu rantai atau lebih (dari) molekul kecil (monomer) yang dapat identik maupun terdiri dari beberapa bagian yang serupa.
polimer adisi (addition polymer): suatu polimer yang satuan-satuan berulangnya digan¬deng oleh ikatan yang semula membentuk suatu ketakjenuhan.
polimer kondensasi (condensation polymer): suatu polimer yang terdiri dari satuan berulang, yang dihubungkan oleh ikatan yang diciptakan dengan terbuangnya suatu molekul kecil.
polinukleotida, rantai (polynucleotide chain): suatu polimer yang terdiri dari banyak monomer nukleotida; zat dari asam-asam nukleat.
polisakarida (polysaccharide): suatu polimer yang terdiri dari banyak monomer sakarida.
potensial reduksi basa standar (standard basic reduction potential): potensial reduksi standar relatif terhadap suatu elektrode hidrogen yang dibenamkan dalam suatu larutan yangmengandung ion OH-lm (V).
potensial elektrode (electrode potential): voltase yang diturunkan oleh suatu reaksi sete-ngah-sel tertentu yang terjadi pada suatu elektrode (V).
potensial enguraian (decomposition potential): voltase minimum yang diperlukan agar elektrolisis zat itu dapat berlangsung (V).
potensial reduksi standar (standard reduction potential): potensial elektrode untuk suatu setengah-reaksi reduksi yang berlangsung pada suatu elektrode standar yang digabung dengan suatu elektrode hidrogen standar untuk menghasilkan suatu sel elektrokimia (V).
proporsi berganda, hukum (law of multiple proportions): bila dua unsur dapat bersenyawa membentuk lebih dari satu senyawa, maka bobot-bobot unsur yang satu, yang bersenyawa dengan bobot tertentu unsur yang lain, akan berbanding menurut bilangan bulat sederhana.
proses eksoterm (exothermic process): suatu proses dalam mana dibebaskan kalor oleh sistem kepada sekitarnya.
proses endoterm (endothermic process): suatu proses dalam mana kalor diserap oleh sistem dari sekitarnya.
protein: suatu polimer yang terdiri dari banyak monomer asam amino.
proton (p+): suatu partikel subatom dengan muatan positif satu dan massa kira-kira 1 s.m.a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar