Kamis, 06 Oktober 2016

Kamus Kimia O

obat (drug): suatu zat yang dimasukkan dalam tubuh untuk mengubah suatu proses (bio) kimiawi.
oksidasi (oxidation): suatu reaksi dalam mana keadaan oksidasi suatu zat ditambah.
oksidasi, bilangan (oxidation number): suatu bilangan kecil yang dihubungkan ke derajat karakter negatif atau positif suatu atom dalam sebuah molekul atau ion poliatom (juga disebut keadaan oksidasi). Bilangan-bilangan ini biasanya bilangan bulat, namun dalam hal yang langka, dapat juga pecahan.
Ate , aturan (octet rule): lihat aturan delapan. orbital: lihat fungsi gelombang.
orbital antibonding: sebuah orbital molekul dalam mana rapatan elektron terkumpulkan pada tempat-tempat yang jauh dari daerah antara dua inti atom.
orbital atom (atomic orbital): suatu fungsi gelombang untuk sebuah elektron dalam sebuah atom; daerah dalam mana paling mungkin elektron itu ditemukan.

orbital bonding (bonding orbital): sebuah orbital molekul dalam mana rapatan elektron terpusatkan dalam daerah antara dua inti.
orbital hibrid (hybrid orbital): sebuah orbital atom yang dibentuk oleh hibridisasi.
orbital molekul sigma (sigma molecular orbital): suatu orbital molekul yang dibentuk oleh dua orbital atom yang ujung-ujungnya bertumpang-tindih sepanjang sumbu antar inti.
orbital molekul: suatu fungsi gelombang untuk sebuah elektron dalam sebuah molekul.
orbital molekul pi (pi molecular orbital): suatu orbital molekul yang dibentuk oleh dua orbital p atom yang tumpang-tindih sepanjang sumbu antar inti.
orbital molekul, teori (molecular orbital, MO, theory): salah satu dari dua teori utama dalam ikatan kimia, dalam mana ikatan-ikatan terjadi dengan pengisian berurutan (dari) orbital molekul yang bersifat karakteristik dari molekul keseluruhan.
order ikatan (bond order): banyaknya ikatan yang dihitung berdasarkan teori MO, yang mungkin dalam sebuah molekul diatom homonuklir.
order reaksi (order of reaction): jumlah eksponen (dari) faktor-faktor konsentrasi dalam persamaan laju untuk suatu reaksi.
order-kedua, reaksi (second-order reaction): suatu reaksi untuk mana jumlah eksponen faktor-faktor konsentrasi dalam persamaan laju adalah dua.
organik, senyawaan (organic compound): senyawa karbon apa saja, dengan beberapa kekecualian yang telah lazim dikelompokkan sebagai anorganik.
osmosis: aliran pelarut dari larutan yang rendah konsentrasinya ke larutan yang tinggi konsentrasinya, lewat suatu selaput semipermeabel. osmosis terbalik (reverse osmosis): aliran lewat membran semipermeabel dari suatu pe¬larut, dari suatu larutan yang lebih pekat, ke larutan yang kurang pekat, akibat mende¬rita tekanan dari luar.
paduan inti (nuclear fusion): bersatunya dua inti riangan untuk membentuk satu inti atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar