Minggu, 17 Februari 2013

Kamus Kimia F


Fahrenheit, skala (eF; Fahrenheit scale): suatu skala temperatur dengan 32°F untuk titik beku normal air dan 212° F untuk titik didlh normal.
faktor van't Hoff (i): Pada konsentrasi tertentu yang sama, larutan elektrolit mempunyai efek sifat-koligatif yang lebih besar daripada larutan non-elektrolit. Faktor numeris yang mencerminkan lebih-besarnya itu disebut faktor i.
Faraday, hukum (Faraday's law): selama elektrolisis, berlakunya 1 faraday lewat rangkaian akan menimbulkan oksidasi 1 ekuivalen satu zat dan reduksi 1 ekuivalen zat yang lain.
fase, diagram (phase diagram) : suatu diagram yang menunjukkan hubungan temperatur-tekanan antara ketiga fase (dari) suatu zat.
fenol (phenol) : suatu senyawa organik dalam mana suatu gugus-OH terlekat pads inti benzena.

feromagnet, zat (ferromagnetic substance): suatu zat yang ditarik dengan kuat oleh medan magnet.
fotokimia, reaksi (photochemical reaction): suatu reaksi yang diawali dengan energi radiasi.
fotolistrik, efek (photoelectric effect): terpentalnya elektron dari dalam permukaan, oleh energi radiasi.
foton (photon): suatu kuantum energi radiasi
fotosintesis (photosynthesis): suatu deret rumit reaksi-reaksi redoks dengan mana tumbuhan berwarna hijau menggunakan cahaya matahari untuk mengubah karban dioksida dan air menjadi karbohidrat dan oksigen.
fraksi mol (mole fraction): angkabanding banyaknya mol satu penyusun (dari) suatu campuran dan banyaknya total mol semua komponen. frekuensi (v): banyaknya daur suatu gelombang yang melewati suatu titik per satuan waktu (Hz); v = c /Xk
frekuensi ambang (vo, threshold frequency): frekuensi minimum (dari) radiasi yang di perlukan untuk menghasilkan efek fotolistrik pada suatu permukaan logam tertentu (Hz).
fungsi gelombang (wave function): suatu fungsi matematis yang menguraikan daerah (orbital) dalam sebuah atom atau molekul, dalam mana sangat mungkin berada sebuah elektron tertentu.
fungsi keadaan (state function): suatu fungsi yang nilainya bergantung hanya pada keadaan suatu zat, tidak pada jalan dengan mana keadaan itu dicapai.
fungsi kerja (WO; work function): banyaknya energi yang diperlukan dalam efek foto listrik untuk mementalkan sebuah elektron dari dalam sebuah atom pada suatu permukaan logam (eV).

1 komentar:

  1. This is my first time i visit here. I found so many entertaining stuff in Luxury Dog Collar, Small Dog Collars, Dog Products wholesale your blog, especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the leisure here! Keep up the good work.

    BalasHapus