Selasa, 14 Agustus 2012

Kamus Kimia B


Basa (base): lihat Arrhenius, basa; Brdnsted-Lowry, basa; dan Lewis, basa.

Basa konjugat (conjugate base); basa yang diperoleh bila suatu asam menyumbangkan sebuah proton.

Basa, larutan (basic solution): suatu larutan, dalam mana konsentrasi OH-lebih besar daripada konsentrasi H+.

Benzena, hidrokarbon (benzene hydrocarbon): sebuah hidrokarbon yang mengandung sebuah cincin benzena.

Benzenoid cincin-terpadu, hidrokarbon (fused-ring benzenoid hydrocarbon): suatu hidrokarbon yang mengandung dua cincin benzena atau lebih yang mempersekutukan atom-atom karbon yang berdekatan.

Bertolide (berthollide): suatu senyawa padat yang komposisinya agak bervariasi.


Beta, partikel (beta particle): suatu pancaran radioaktif, yang identik dengan elektron.

Bijih (ore): suatu mineral yang berperan sebagai sumber bahan yang berguna.

Bilangan koordinasi (coordination number): dalam sebuah kristal, banyaknya tetangga dekat dari sebuah ion atau atom tertentu; dalam sebuah senyawa koordinasi, banyaknya ikatan kovalen dari ligan ke ion atau atom pusat. bilangan kuantum kedua (1) second quantum number: bilangan yang mengkhaskan subtingkatan energi yang dihuni oleh sebuah elektron dalam sebuah atom.
bilangan kuantum keempat (fourth quantum number): ms; bilangan yang mengkhususkan penjajaran spin elektron dalam suatu orbital atom tertentu.

Bilangan kuantum ketiga (ml, third quantum number): bilangan yang mengkhaskan orbital tertentu yang dihuni oleh sebuah elektron dalam subtingkatan energi tertentu dari sebuah atom.

Bilangan kuantum utama (n) (principal quantum number): bilangan yang menyatakan tingkatan energi utama yang dihuni oleh sebuah elektron dalam sebuah atom.

Bilangan omzet (turnover number): banyaknya mol pereaksi yang diubah per mol enzime per menit pada suatu temperatur yang dikhaskan (menit` 1).

Bobot (weight): gaya berat yang bekerja pads benda oleh tarikan bumi; istilah ini secara longgar digunakan untuk menyatakan massa.

Bobot atom relatif (relative atomic weight): bobot rata-rata atom-atom suatu unsur relatif terhadap suatu standar sebarang (s.m.a.)

Bobot ekuivalen (equivalent weight): dalam suatu reaksi redoks, massa zat yang akan meperoleh atau kehilangan 1 mol elektron (g); dalam reaksi asam-basa, massa zat yang akn membebaskan atau bereaksi dengan 1 mol proton (g).

Bobot jenis (specific gravity): angkabanding massa suatu zat dan massa air yang sama volumenya, pada temperatur yang telah dikhaskan.

Bobot molar (molar, weight): bobot 1 mol zat (g).

Bobot molekul (molecular weight): jumlah bobot-bobot atom dari atom-atom yangmenyusun suatu molekul itu atau satuan terkecil senyawa itu.

Born-Haber, daur (B-H cycle): daur tertutup konsepsional dari reaksi termokimia dalam mana perubahan entalpi netto adalah nol.

Borana (borane): sebuah senyawa yang mengandung hanya atom-atom B dan atom-atom H.

Boyle, hukum (Boyle's law): pada temperatur konstan, volume gas dengan massa tertentu berubah-ubah menurut perbandingan terbalik dengan tekanan PV = tetapan.

Bragg, persamaan (Bragg equation): persamaan untuk menghitung jarak (spasi) antara bidang bidang sejajar dari atom-atom atu ion-ion dalam sebuah kristal dari data difraksi sinarX

Br¢nsted-Lowry, asam (B-L acid): suatu partikel yang menyumbangkan sebuah proton pada sebuah partikel lain.

Bronsted-Lowry, basa (B-L base): suatu partikel yang dapat menerima sebuah proton dari suatu partikel lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar