Kamis, 06 Oktober 2016

Kamus Kimia M

manik, uji (bead test): suatu uji ada tidaknya kation-kation tertentu dalam contoh pa, dat, berdasarkan warna yang mencirikan, yang ditimbulkannya dalam manik boraks.
manometer: suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur selisih kecil (dari) te¬~kanan.
masa kritis (critical mass): massa dan penataan bahan dapat-belah yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi rantai nuklir secara terus-menerus. massa (mass): suatu sifat yang mencerminkan banyaknya materi dalam suatu benda (g).
medan ligan (ligand field): gaya elektrostatik yang ditimbulkan oleh elektron-elektron dan muatan netto (dari) suatu ligan pada ion logam pusat atau atom dalam suatu kom¬pleks logam transisi.
mekanika gelombang: lihat mekanika kuantum.

mekanika kuantum (quantum mechanics): teori modern struktur dan sifat materi, yang dinyatakan dalam funfsi-fungsi gelombang baik untuk materi maupun untuk radiasi (juga disebut mekanika gelombang).
mekanika reaksi (reaction mechanism): perubahan bertahap (reaksi-reaksi elementer) yang berlangsung dalam pengubahan pereaksi menjadi produk.
metaloid (metalloid): unsur yang sifat-sifatnya terletak antara logam dan bukan-logam. metalurgi: studi mengenai produksi, sifat, dan penggunaan logam-logam serta aliase. mineral: bahan anorganik alamiah apa pun yang didapat dalam kerak bumi.
minyak (oil) : suatu ester cair antara gliserol dan tiga asam lemah; atau cairan organik apa saja yang tak larut dalam air, seperti hidrokarbon cair.
mol (mole): banyaknya zat yang mengandung partikel yang sama banyak dengan atom karbon dalam 0,012 kilogram" (eksak) karbon -12 (yakni 6,0220 X 1023 partikel). molalitas molality): suatu satuan untuk mengukur konsentrasi larutan: mol zat terlarut/ kg pelarut.
molaritas (M) : satuan untuk mengukur konsentrasi larutan: mol zat terlarut/L larutan. molekul: partikel terkecil suatu zat yang masih mempunyai karakteristik zat itu. momen dipol (dipole moment): ukuran derajat kepolaran suatu molekul (D). momen ikatan (bond moment): momen polar dari suatu ikatan kimia individu (D). monomer: molekul kecil yang merupakan satuan struktur berulang dalam suatu poli¬mer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar